7 Hal yang Harus Dilakukan saat Mobil Anda Mogok Ditengah jalan 3Jan

7 Hal yang Harus Dilakukan saat Mobil Anda Mogok Ditengah jalan

Mobil mogok adalah hal yang di hindari oleh setiap orang yang berkendara baik jarak dekat maupun jarak jauh. Apalagi jika kita termasuk orang yang tidak mengerti permesinan mobil dan cuma bisa pakai. Tetapi sayangnya tidak setiap waktu kita bisa menghindari kondisi tersebut bukan? Jangan panik! Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan jika mengalami mobil mogok ditengah jalan.

 

 1. Amankan Mobil ke Pinggir Jalan

Jika kebetulan mobil Anda mogok tepat di tengah jalan, maka langkah pertama yang perlu di lakukan adalah mendorong Mobil ke pinggir jalan untuk menghindari kecelakaan dan agar tidak menghalangi pengendara lainnya yang menyebabkan lalu lintas menjadi macet. Karena dengan posisi mobil yang sudah aman, akan membuat Anda lebih leluasa mengecek keadaan mobil Anda. Jangan lupa menyalakan lampudarurat atau memasang tanda segitiga pengaman di belakang mobil dengan jarak beberapa meter supaya orang yang ada di belakang tahu bahwa mobil Anda sedang bermasalah.

 

2. Periksa Lampu Indikator

Sebelum membula kap mobil coba periksa dashboard mobil Anda terlebih dahulu. Disitu biasanya terdapat beberapa icon yang bisa menunjukan masalah yang terjadi pada mobil Anda. Perhatikan lampu yang menyala pada icon di dashboard tersebut. Jika icon yang menyala berbentuk aki berarti ada masalah dengan aki mobil Anda. Tetapi jika yang menyala adalah icon yang berbentuk thermometer berarti mesin mobil Anda sedang overheat.

 

3. Periksa Radiator

Kalau sudah di ketahui bagian apa yang bermasalah atau jika Anda tidak bisa menggunakan dashboard mobil untuk mendeteksi masalah pada mobil coba periksa radiatornya terlebih dahulu. Siapa tahu mobil Anda mogok karena overheat yang di sebabkan oleh kurangnya air pada karburator. Tapi jangan langsung membuka tutup radiatornya, supaya Anda tidak terkena semburan air panas. Tunggu sekitar 20 menit supaya radiator lebih dingin. Setelah radiator mobil mendingin coba cek volume air dalam radiator jika ternyata kurang batas normal Anda bisa menambahkan air coolant atau air biasanya. Lalu nyalakan mesin.

 

4. Periksa Aki atau Accu Mobil

Nah jika ternyata mobil tidak overheat dan air dalam radiator masih dalam batas normal coba periksa aki mobil Anda. Barangkali ada kabel-kabel yang lepas atau mungkin daya aki mobil Anda rendah. Jika seperti maka Anda harus membangkitkannya dengan jumper dari aki cadangan/ aki dari mobil lain.

 

5. Memeriksa Sekring

Ternyata sekring juga bisa menjadi penyebab mobil Anda mogok. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda memeriksa semua box sekring yang ada di bawah kap mesin dan kemudi. Coba periksa apakah ada sekring yang putus atau meleleh, karena kalau sekring mobil ada yang rusak maka Anda harus menggantinya.

 

6. Panggil Montir ke tempat Anda

Jika upaya-upaya pertolongan pertama pada mobil Anda yang mogok sudah dilakukan tapi tidak kunjung berhasil, maka itulah saatnya Anda memanggil montir ke tempat Anda. Karena pada dasarnya yang benar-benar mengerti masalah yang terjadi pada mobil Anda adalah montir. Maka dari itu, usahakan untuk menyimpan nomor kontak montir panggilan.

 

Baca Juga : Mengenal Dua Jenis Layanan Derek Mobil : Derek Tarik Dan Derek Gendong (Towing Mobil)

 

7. Panggil Jasa Towing

Tetapi tidak ada salahnya untuk bersiap mengangkut mobil kesayangan Anda dengan jasa towing terpercaya yang bisa melayani 24 jam yang berada di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan kota lainnya seperti 789 Ototrans. Kenapa harus towing 24 jam? Karena, selain meminimalisir lecet pada mobil kesayangan Anda, Anda juga bisa lebih tenang karena Anda bisa menghubungi towing di saat-saat tak terduga kapan saja mobil Anda mogok.

 

Baca Juga : Mana Yang Harus Di Pilih Saat Mobil Mogok : Derek Atau Towing

Share: